Keterampilan apakah yang dibutuhkan anak kita?

Menurut definisi World Health Organization (WHO), life skills atau keterampilan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif . World Health Organization (WHO)

Keterampilan dasar keselamatan dan penyelamatan.  

Definisi diatas merupakan tantangan yang kita hadapi sebagai orang tua yang harus memastikan bahwa anak dapat menguasainya. Belajar berenang tidak hanya mempelajari gaya-gaya renang semata supaya bisa ikut perlombaan, akan  tetapi  keterampilan lain yang dibutuhkan untuk menunjang keamanan hidup secara khusus. Anak diberi  pemahaman dan penguasaan keterampilan dasar keselamatan dan penyelamatan untuk bertahan hidup di ai (water safety skills), selain hal tersebut anak kita juga perlu diberi pemahaman tentang prosedur keselamatan umum  dilingkungan sekitarnya seperti pasilitas dan sarana yang bisa menimbulkan kecelakan, prilaku positif yang selalu mengikuti aturan yang tidak membahayakan dirinya dan orang lain. Ketrampilan dasar tersebut meliputi;

  1. Ketrampilan mengayuh (Sculling)
  2. Ketrampilan injak-injak air (water treading)
  3. Keterampilan mengambang (floating)
  4. Ketrampilan memahami prosedur keluar dan masuk ke dalam air (water entry dan exit procedures)
  5. Teknik dasar gaya penyelamatan air (water safety styles)
  6. Ketrampilan menggunakan alat dalam membantu penyelamatan sederhana (using devices to assist rescue) serta
  7. Keterampilan dasar gaya berenang (basic swimming strokes atau styles).

Ke delapan poin diatas merupakan inti dari program yang diberikan di Bilisfit yang akan lebih dirinci dalam Swimming program secara terpisah. Penguasaan keterampilan tersebut akan menjaga anak untuk mampuh menyelamatkan dirinya dan orang lain dari tenggelam misalnya.

BilisFit